Rabu, 01 Agustus 2012

Senyuman


Ada ungkapan indah sekali"Senyuman adalah sebuah lekukan kecil yang dapat menyelesaikan masalah besar"

Salam bahagia buat semua sahabat,
Tulisan tentang senyum sudah beberapa kali saya buat namun karena teman-teman saya menanyakan beberapa hal penting dalam korelasinya dengan sebuah senyum biarlah hari ini senyuman akan menghiasi ikatan persahabatan kita.  Karena senyuman itu penuh arti dan  penuh rahasia. Bahkan tidak bisa dibayar sekalipun dipaksakan.
Sehabis acara pertemuan sebuah pelelangan di Christi Singapore, John Lang (seorang CEO cukup terkenal) berkata bahwa pelelangan lukisan yang belum terkalahkan di dunia karena mahalnya itu adalah lukisan  tentang  ekspresi "smile"  atau "senyuman".  Mana ada sebuah senyuman abadi yang kemana-mana dikawal dengan 7 pesawat tempur dan 2 kapal selam?  Dialah "Monalisa". Senyuman rahasia dalam karya Leonardo da Vinci memang luar biasa. Senyuman itu mahal sekali dan hampir tidak bisa terbeli.
Memang benar senyuman itu bisa mahal sekali contohnya untuk orang yang lagi ngambek jangan harap bisa senyum.  Dibayar berapapun sulit untuk senyum.  Tetapi senyuman bisa murah sekali buat orang yang menebar pesona, senang hati atau sedang bersuka cita.  Bagaimana dengan anda sekarang apakah bisa senyum?
Berbeda halnya dengan tertawa yang bisa ditebak maknanya.  Kalau senyum sangat sulit karena beribu makna di dalamnya.  Saya tidak berbicara dari sisi negatif misalnya :  senyum sinis, menghina atau mencibir. Saya hanya memandang dari segi positif saja.
Alan suatu hari ditanya Maria pacarnya, seorang gadis cantik dalam suatu santap malam di bilangan Grogol.
"Jawablah jujur, apakah ada wanita lain yang ada di hatimu selain aku?""Tidak ada", jawab Alan
"Kamu bohong", kata Maria sambil marah-marah.

Beberapa bulan kemudian Alan ditanya lagi dengan pertanyaan yang sama
"Adasih, tapi itu sudah berlalu”, Jawab Alan
"Kamu bohong”, jawab Maria sambil marah-marah.

Beberapa bulan kemudian Alan dan Maria makan malam di Grogol Foodcourt (yang belum pernah boleh coba yaaa di Jalan Susilo Raya).  Suasana cukup hiruk-pikuk karena ada live music dan di sana  pertanyaan yang sama diucapkan Maria dengan suara keras!!! Jantung Alan berdetak keras.  Jangan-jangan ketahuan lagi nee.  Karena bingung Alan hanya tersenyum.  Pertanyaan diulang lagi oleh Maria dengan cukup keras : "Apakah kamu punya wanita lain selain aku?"
Alan kebingungan dan tidak menjawab.  Ia menarik wajah Maria sedekat-sekatnya dan Alan hanya senyum saja karena dalam kebingungan dan serba salah mau jawab apa.
Anehnya suasana berbalik.  Maria menarik tangan Alan dan ikut tersenyum dan berkata dengan mesra "Aku percaya"!!
Alan pun tetap senyum tapi @q*#*@#??#*@
Apa bedanya antara Manusia dengan hewan.   Salah satunya adalah hewan tidak bisa senyum (kalo monyet meringis kalee). Memang benar senyuman adalah karunia yang diberikan Tuhan kepada kita Manusia.   Indah sekali  karena senyum memberikan nilai sangat positif buat jiwa raga kita.  Senyum  adalah olah raga kecil yang membuat simulasi besar sehingga jiwa dan raga kita tampil berbeda.  Rasakan sendiri setelah anda membaca tulisan ini.  Jangan kelewatan bisa dibawa ke samping Gereja Kristoforus, RSJ.
Semoga kerelaan kita memberi senyum kepada saudara-saudara kita,  suami, istri, anak, cucu dan orang tua, bisa memberikan makna suka cita yang berdampak kepada kesehatan dan kebahagiaan sampai kepada kesuksesan.

Damai sejahtera menyambut sang surya bersinar.
Tuhan memberkati
Adharta

7 komentar:

  1. Dengan kita membagikan senyuman kepada sesama kita tanpa kita sadari kita telah menyalurkan sukacita terhadap sesama kita dan tanda bahwa kita mengasihi mereka.

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan kalimat "Senyuman adalah sebuah lekukan kecil yang dapat menyelesaikan masalah besar"

    Semarah marahnya seseorang jikalau kita balas dengan senyuman tulus dari hati, akan membuat orang tersebut mereda atau paling tidak menurun tingkat amarahnya.

    Senyuman adalah hal yang orang fikir mudah dilakukan. Tapi tanpa kita sadari, tersenyum sulit dijadikan kebiasaan sehari - hari.

    mari coba dimulai dari mengawali hari denganterseym dan nikmati hidup ini.

    BalasHapus
  3. zaman sekarang di kota jakarta ini sangat jarang sekali saya melihat orang yang mudah senyum kepada orang lain. jangan kan untuk orang yg tidak di kenal, orang yg di kenal pun sulit sekali senyum apabila berpapasan di jalan. sekarang orang lebih individualis cenderung senyum terhadap handphone-nya. bagaimana menanggapi ini pak? hehe

    BalasHapus
  4. Senyuman seseorang dapat berarti banyak untuk hidupnya. Adalah satunya untuk pencitraan dirinya. Dengan tersenyum, orang akan memandang orang tersebut memiliki sifat yang ramah dan dapat bersikap hangat dengan orang lain.

    BalasHapus
  5. seperti orang bilang "hadapi dengan senyuman" sebuah kata2 yang menenangkan hati.

    BalasHapus
  6. Setuja sama judul artikel diatas karena dengan senyum dapat membuat orang merasa nyaman didalam islam pun senyum itu merupakan ibadah :)

    BalasHapus
  7. senyuman dapat membuat orang-orang disekitar kita menenangkan hati
    dengan senyuman juga dapay membuat kita awet muda, karena senyuman itu juga ibadah.

    BalasHapus