Selasa, 26 Juni 2012

Membangun Gereja

Salam damai sejahtera
Perjalanan pelayanan misi Katolik di Jakarta sudah melebihi 200 tahun, dari beberapa Gereja awal, kita sekarang sudah 60 Paroki dan puluhan stasi di Jakarta. Membangun gereja memang kita harus membangun 3 unsur :

1. Membangun fisik gedung gereja dan fasilitasnya.
2. Membangun Umat sebagai Gereja umat
3. Membangun Lingkungan (lingkungan hidup dan kehidupan bermasyarakat)

Gereja di akar rumput, sebuah kisah awal Kristoforus perjalanannya dan kehidupan menggereja menjelang pesta emasnya.   Saya rasa umat sangat menantikan terbitnya buku ini, mari kita doakan. Setelah duduk lebih 2 jam di sebuah Gereja tua di Depok, berbincang-bincang masalah gereja. Kami cerita mengapa sudah sekian lama gereja Katolik di bumi Indonesia, tapi kehidupan menggereja masih membutuhkan perhatian khusus. Perubahan jaman demikian cepat, kalau tidak mengantisipasinya maka kita akan ketinggalan, terutama pelayanan masyarakat.
Pelayanan Masyarakat merupakan bagian dari perutusan, kehidupan menggereja menuntut agar kita diutus, pertama-tama harus bisa melayani masyarakat, baik masyarakat Katolik maupun umat beragama lain. Sebagai sumber ajaran cinta kasih maka peran gereja sangat diharapkan. Mari membangun "gereja" kita mengikuti perkembangan jaman dalam Cinta Kasih dan Sumber Kebahagiaan.  Jadi, kalau ada hal-hal yg mengecewakan, pertikaian, pertengkaran, perbedaan pendapat harus segera diselesaikan secara damai dan tanggung –jawab dalam bingkai persaudaraan.
Sekarang kita sedang membangun Kantor Gedung Pastoral sebagai bagian dari gereja kita, jadi mari kita doakan semoga pembangunan segera dapat diselesaikan terutama dalam damai.

Berkat Tuhan bersamamu
Adharta

4 komentar:

  1. salam pak,
    gereja memang dipanggil keluar untuk memancarkan terang kasih Tuhan akan dunia ini dan menurut saya prioritas utama dalam membangun gereja adalah Membangun Umat.

    BalasHapus
  2. Maju terus pembangunan Gerejanya, pak. Selewat ratusan tahun pelayanan di kota ini (dan kota lain) hingga saat ini masih saja ada kasus pembangunan Gereja yang dipersulit.
    Membangun Gereja memang bukan hanya sekedar membangun gedung. Saat sekarang ini justru banyak gereja-gereja yang dibangun hanya untuk mencari keuntungan semata, bukan membangun umatnya menjadi lebih baik.
    Bagaimana menurut bapak mengenai kondisi-kondisi ini yang kian hari belum juga usai tidak hanya di kota ini, tapi juga di kota lain ?
    Salam sejahtera.

    BalasHapus
  3. jadi ingat akan gereja di kampung halaman yang sedang dibangun. postingan ini mengingatkan aku akan Tuhan yang selalu memperhatikan kita. ya berharap aja saat pembangunan selesai nanti tidak hanya kemegahan saja, tetapi menambah pelayanan bagi umat Katolik lain. amin

    BalasHapus
  4. gereja sangat dibutuhkan apalagi bagi umat kristiani, smoga bisa maju terus pembangunan gereja khususnya di daerah-daerah yang belum mengenal Tuhan.

    BalasHapus