Sabtu, 30 Juni 2012

Titik Balik


Salam dalam doa,
Pernahkah kita bangun pagi, lalu mencium pipi suami kita atau istri kita? Atau pulang ke rumah kita menyapa anak-anak dengan pelukan dan senyuman? Atau kita tiba di kantor menyapa para sahabat, dengan selamat pagi? Kalau sudah biasa kita lakukan coba perhatikan secara khusus apakah ada tanda-tanda perubahan yang kita miliki sebagai titik balik dalam suatu perubahan dalam kehidupaan?
Petrus, sebelum mengikuti Yesus bernama Simon dan termasuk orang yang kurang benar dalam kehidupannya.  Tetapi, setelah mengikuti Yesus namanya menjadi Petrus. Ketika Petrus melewati orang sakit saja, semua sakit penyakit penderita itu bisa hilang. Jadi, titik balik yang terjadi pada Simon itu adalah setelah dia bertemu dan mengikuti Yesus.   Tetapi, semua tidak terjadi begitu saja seperti orang membalik tangan melainkan melalui suatu perjuangan batin yang berani dan luar biasa.  Lantaran itulah  Simon disebut Petrus atau batu karang.
Dalam banyak kesempatan setiap orang memiliki titik baliknya masing-masing. Titik balik bisa dua kemungkinan.  Bisa jadi baik atau sebaliknya.  Di sini saya cuma mengupas titik balik dalam arti positif.  Menyibukan diri dengan mempelajari, melihat dan bisa menentukan di mana letak titik balik itu sungguh luar biasa.  Apalagi kalau kesibukan itu juga harus diikuti pembelajaran.
Seorang Pastor, pada saat memutuskan menjadi Pastor sampai sekolah dan menerima imamat waktunya cukup panjang dan tentu saja menentukan titik balik di mana semuanya berobah secara total.
Inspirasi ini diberikan oleh Pastor Yance Mangkey, MSC yang kemarin (29 Juni) tepat 31 tahun merayakan imamatnya.
Selamat Romo, Tuhan mendampingi Romo selalu.  Kiranya semua karya kasih yang romo berikan kepada umat menjadi berkat selalu.

Tuhan adalah gembalaku
Engkau pelita kakiku, dan terang di jalanku
Adharta

9 komentar:

  1. Salam sejahtera
    wah kpn yah saya dapat menemukan titik balik dari hidup saya, secara saya masi diusia 23thn dan perjalanan hidup masih sangat panjang. Semoga saya dapat mendapatkan titik balik yang indah bersama tuntunan Tuhan.. amin..

    BalasHapus
  2. setuju pak memang perubahan besar berasal dari perubahan yang kecil-kecil pada awalnya.
    dan tindakan kecil seperti menyapa orang dapat membuat orang senang dan dengan menyenangkan orang lain hati kita pun akan senang.

    BalasHapus
  3. aemoga saya bisa menemukan titik balik dari hidup saya pak, dari perubahan yang kecil-keci pada awalya

    BalasHapus
  4. semua butuh proses, titik balik seseorang tergantung pada seberapa besar proses yang dilakukan, menurut saya titik balik semua positif karna dilalui proses yang panjang.

    BalasHapus
  5. sebuah titik balik, yang saya maknai dari kata kata ini adalah bagaimana kehidupan kita berubah dari kehidupan kita yang lama saat belum mengenal Tuhan hingga kita mengenal Tuhan dan membiarkan Tuhan bekerja dalam kehidupan kita untuk memulihkan kehidupan kita. mungkin terkadang kita bertanya kapan hidup kita akan berubah?? tapi kita mau percaya bahwa Tuhan memberikan semua nya indah pada waktunya.

    luar biasa artikel dari bapak, ini mengingatkan tentang perjuangan untuk ikut Tuhan dalam kehidupan ini dan titik balik saat kita buat keputusan untuk berubah

    BalasHapus
  6. Saya setuju titik balik menjadi positif ataupun negatif. Semua orang berharap titik balik tersebut untuk menjadi positif, tidak untuk menjadi negatif. Titik balik dari positif ke negatif itu mudah, tetapi dari negatif ke positif itu susah dan butuh perjuangan keras dan itu pengaruh dari lingkungan dan diri sendiri. Hanya diri sendiri lah yang mampu menentukan titik balik tersebut. Ingin menjadi positif atau negatif, itu pilihan anda.

    BalasHapus
  7. Sebuah titik balik hanya dapat terjadi ketika seseorang mengalami suatu peristiwa yang benar-benar berpengaruh dalam diri dan hidupnya. Setiap manusia akan mengalami titik balik, tidak akan ada manusia yang mengalami hidup datar terus-menerus dari lahir hingga kematiannya. Contoh sederhana, kegembiraan dan kesedihan, perubahan suasana antara gembira menjadi sedih, dan juga sebaliknya pasti disebabkan karena suatu hal, dan hal tersebut merupakan titik balik dari suasana hati kita.

    BalasHapus
  8. saya sudah pernah mendapatkan titik balik. ketika saya masih muda, dan saya mendapatkan ketentraman pada saat saya menjalaninya.

    terima kasih

    BalasHapus
  9. perubahan besar berasal dari perubahan yang kecil-kecil pada awalnya.
    dan tindakan kecil seperti menyapa orang dapat membuat orang senang.
    titik balik menjadi positif ataupun negatif. Semua orang berharap titik balik tersebut untuk menjadi positif, tidak untuk menjadi negatif.

    BalasHapus