Sabtu, 16 Juni 2012

Pola Makan

"Makanlah sebelum Lapar. Berhenti makanlah sebelum kenyang "

Sore ini saya menghadiri Misa Syukur memperingati Ulang Tahun ke-70 Ibu Caroline Nayoan.  Misa dipimpin oleh Romo James, MSC.  Dalam khotbahnya, beliau mengingatkan bahwa kalau ingin umur panjang dan sehat maka pola makan harus dijaga, karena banyak racun yang kita makan setiap harinya.
Di Jakarta, tumbuh seperti jamur perusahaan yang menjual suplemen kesehatan, dietry, sampai anti aging bahkan perawatan tubuh secara khusus.  Buat kita orang awam, sering terkecoh oleh iklan, rayuan dan promosi yang begitu gencar menawarkan khasiat obat, suplemen food, yang bisa membuat kita sehat, segar dan awet muda, tapi akhirnya malah yang diperoleh sebaliknya, addict, kerusakan hati, gagal ginjal dan serangan lambung. Oleh karena itu kita perlu memikir 10x bahkan lebih sebelum mengambil keputusan menggunakan suplemen untuk kesehatan, dietry dan anti aging.
Padahal hidup sehat tidak selalu tergantung hanya pada makanan saja, tapi juga firman yang tumbuh dalam hati kita. Tips hidup sehat pernah diberikan seorang pakar kakanan adalah sebagai berikut :
1.      Sebelum makan jangan lupa berdoa agar makanan yang disantap berguna bagi kesehatan jasmani dan rohani kita.
2.      Saat makan jangan lupa berdoa agar kita makan secukupnya, karena banyak orang yang masih lapar/tidak bisa makan.
3.      Saat sudah agak kenyang kita berdoa kalau makanan yang kita makan juga mengajak kita bersekutu dengan orang lain jadi perlu kita sharing agar tidak makan berlebihan.
4.      Begitu selesai makan kita berdoa lagi mengucap syukur karena kelaparan telah kita lalui.
5.      Saat ada makanan lagi di tawarkan ke kita, mari kita ber-doa lagi, agar makanan tambahan ini lebih baik untuk orang lain.

Katanya, berdoa tiada henti saat makan membuat makanan menjadi sehat berlipat ganda, jadi tidak perlu suplemen sama sekali, saat itu hadir beberapa pastor juga, katanya tips ini tidak berlaku di Manado.....:ahahaha (karena ada paniki, tinoranca, rica-rica, woku, brenebon, bubur manado, masih ada kue lapis, panada dll).
Tapi sangat benar kalau kita menjaga POLA MAKAN, mulai saat usia 30-an, mendekati 40-an sudah harus mengatur. POLA GISI dan saat usia 50-an kita sudah harus atur POLA DIET, dan saat diatas usia 60-an kita sudah atur POLAOBAT, dan usia diatas 70-80-90 boleh makan apa saja, asal jangan banyak-banyak yaaaaa.
Syukur kepada Tuhan karena saat ini kita diberikan kesehatan, karena nilai nya sangat mahal, jadi perlu dijaga dirawat dan dikelola secara baik, isilah dengan suka cita karena hilanglah semua sakit penyakit jika hidupmu penuh damai sejahtera.

Damai dan Cinta
Adharta

6 komentar:

  1. Urutan doa yang menarik, untuk persoalan makan menurut saya segala sesuatu dalam hal apapun yang berlebihan tentu tidak baik, dalam mengkonsumsi obat dan makanan pun juga tidak baik, tapi untuk soal urutan doa patut dilakukan, berkat terus akan mengalir kedalam makanan yang kita makan. God Bless us

    BalasHapus
  2. setuju pak sesuai dengan Firman Tuhan 1kor10:31
    (Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah)
    kita menjaga makanan juga untuk kemuliaan Tuhan,menjaga dan merawat tubuh yang diberikan Tuhan.

    BalasHapus
  3. postingan ini memberikan pembelajaran saat mau dan setelah makan selalu bedoa dan bersyukur kepada Tuhan. jadinya saat makan juga dijaga makanannya yang sehat dan tidak. jika hanya berdoa saja dan makanan kurang sehat yang percuma juga. ada kalanya juga beralih ke makanan yang sehat jika kebiasaannya makan makanan yang tidak sehat. jika belum bisa lakukan dengan perlahan. seperti yang dikatakan diatas saat tua kelak bisa makan sepuasnya.

    BalasHapus
  4. segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. tetapi soal doa berbeda, doa yg berlebihan akan menjadi berkah untuk diri kita. karna doa lah yang menuntun kita kemana kita akan melangkah. tetapi kita disankan agar tidak melakukan segala sesuatu yg berlebihan. karna itu yang akan membuat diri kita susah sendiri.

    BalasHapus
  5. bersyukur apa yang tuhan beri kepada kita semua, sehingga kita semua masih diberi kesehatan dan dapat membeli makanan apapun yang kita inginkan, berdoa sebelum makan dan sesudah makan :)

    BalasHapus
  6. kita harus selalu menjaga Pola makan yang teratur, agar kita selalu hidpu sehat, yang paling utama adalah doa sebelom makan.

    BalasHapus