Senin, 30 Juli 2012

Bekerja Bekerja Bekerja


Salam dalam doa
Saat Bapak Dahlan Iskan diangkat menjadi direktur PLN maka motto yang diterapkan adalah Bekerja Bekerja Bekerja.  Untuk manajer dan direksi semua harus masuk pagi hari.  Minimal jam 07.00 pagi dan beliau sendiri jam 06.00 sudah di kantor.   Awal mulanya hampir sebagian besar karyawan menolak dengan alasan aturan tenaga kerja, rumah jauh, dan macet.  Tetapi melihat semangat perjuangannya, lalu kenaikan rating kinerja, juga pujian masyarakat, maka semua karyawan direksi sepakat mendukung beliau. Kinerja kerja PLN dari urutan ke-120 akhirnya setelah 3 tahun menduduki 10 besar.
Demikian pula setelah beliau menjadi menteri BUMN.   Suatu malam makan bersama.  Beliau katakan bahwa :"Bekerja untuk Tuhan itu penting, tetapi bekerja untuk membangun manusia lebih dibutuhkan Tuhan".  Saya tanyakan lebih detail lagi mungkin ada korelasi dengan perikop mencari kerajaan surga. Jawab beliau: "Kan, kita diutus, artinya harus bekerja".
Waduh malu akunya. 
Setelah kurenungkan benar juga memang iman tanpa perbuatan sama dengan mati.
Saya masih dalam perjalanan ke kantor, telepon masuk tidak henti-hentinya.  Sebagian besar menawarkan kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan dari Bank.  Tadinya hatiku jengkel juga, tapi setelah aku refleksi ternyata mereka bekerja bekerja bekerja dan tiada letihnya.  Bayangkan saja sehari minimal harus menelpon 100 orang.  Aduh tentu capeknya luar biasa.  Aku sangat terganggu, tapi siapa sih aku ini? Seperti lagunya Ir. Nico kalau aku matin telpon, tidak mau angkat aduh sombongnya.
Pernah sekali aku matikan, lalu telpon lagi aku matikan lagi, ketiga kalinya aku angkat, waduh disananya marah-marah katanya aku tidak sopan!!!  
Ok aku minta maaf lain kali jangan telpon aku lagi ya.
Seputar telepon masih juga di uber-uber agen asuransi.  Kan aku udah punya asuransi tapi 10 menit saja mau jelaskan masalah asuransi.  Ampun deh tapi belum legi referensi-referensi yah maklum namanya orang usaha ya dijawab saja, tapi jengkelin buat waktu habis tapi sabar ya.......
Dalam rapat BOD kantor, selalu aku ingatkan ke direksi bahwa kita perlu bekerja smart bukan bekerja keras (hard work).  Kalau kita kerja otot maka hasilnya terbatas sekali oleh karena itu kita perlu untuk bekerja lebih smart dan mengatur strategi untuk bekerja.
Bekerja memang suatu bagian dari iman kita.  Kita diberikan talenta dan harus  kita lipat gandakan kemampuan kita.  Kelak yang memberi kita talenta pasti akan tanya.  Mana hasilmu?
Kemampuan kita memang terbatas. Apa lagi kita dibatasi dimensi tertentu.  Namun bekerja memberikan kita kesempatan untuk terus berkembang.  Dengan bertumbuh kembang maka kita pasti sukses.

Selamat bekerja, Tuhan bersamamu
Adharta

6 komentar:

  1. Dengan kita bekerja, kita akan mengetahui talenta apa yang kita miliki. jika kita tidak bekerja sama hal nya kita tidak mengembangkan talenta yang kita miliki. walaupun terasa begitu berat dalam bekerja tetapi semakin berat sesuatu yang dihadapi maka akan semakin besar sesuatu yang akan didapat. Tuhan pasti akan memberkati orang yang berusaha, bukan orang yang hanya menunggu berkat.

    BalasHapus
  2. bagaimana pak caranya agar kita bisa bekerja smart?? thx

    BalasHapus
  3. Bekerja meningkatkan kualitas hidup dan mencari pengalaman yang sebenarnya. Dalam sekerjanya juga menuntut kita untuk bisa bersosialisasi denga baik oleh orang lain yang menjadi partner kita. Sehingga dapat menjadikan hubungan sosial kita dengan sesama lebih akrab.

    BalasHapus
  4. Berkerja merupaka suatu kegiatan yang menguji ide atau kreatifitas yg terduga ataupun tak terduga

    BalasHapus
  5. Kerja kerja dengan kerja kita dapat menghidupi kehidupan dengan layak

    BalasHapus
  6. bekerja itu sangat penting dalam kehidupan, apalagi saya sebagai laki-laki sangat dibutuhkan yang namanya pekerjaan guna untuk menghidupi keluarga nanti, apalagi sebagai kepala rumah tangga, dan juga bekerja sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup

    BalasHapus