Selasa, 24 Juli 2012

Liburan


Keindahan pagi ini bawa berkat luar biasa
Salam suka cita menyertai,
Sehabis menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentu seluruh umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau biasa kita sebut Lebaran. Saat itu kita bermaaf-maafan dengan silaturahmi dan bercengkerama dengan keluarga dan handaitaulan.
Hari Raya Idul Fitri 2012-1433H berdekatan dengan hari Kemerdekaan RI ke-67 sehingga hari libur nasional semakin panjang.  Kita bisa manfaatkaan cuti panjang untuk menikmati liburan.
Bagi umat Non-Muslim juga menikmati liburan panjang ini, apalagi bagi mereka yang punya uang.  Pilihan jalan-jalan ke luar negeri seperti Asia, Eropa, Australia danAmerika.
Liburan dipandang dari mata hati dan kehidupan rohani, bisa memiliki arti yang sangat strategis, khususnya liburan Lebaran.

1.  Retret
Seperti halnya puasa badan, maka liburaan memberikan rehat buat pikiran dan alam bawah sadar, tetapi yang terpenting adalah memanfaatkannya untuk refleksi mundur atau retret, misalnya mengunjungi orang tua, kampung halaman, makam orang tua, sahabat lama dan memberikan nostalgia indah.  Bisa juga bersama istri mengunjungi tempat-tempat pacaran.

2.  Ziarah
Liburan bisa kita manfaatkan untuk ziarah dan rekreasi atau ziarek sehingga memberikan    syaraf-syaraf motorik kita menikmati istirahat dari kejenuhan.  Bisa diisi juga dengan ziarah DOA ke gua-gua Maria, kunjungi gereja-gereja tua dan berdoa bersama.

3.  Sinking Mode
Tentu banyak masalah yang sedang kita alami seperti masalah keluarga, bisnis, dan   persahabatan.  Sinking mode istilah lain menenggelamkan masalah, semua rasa marah, dendam, benci dan permusuhan. Semua itu coba untuk dilupakan, di off dulu atau di tenggelamkan, sehingga dengan kepala dingin kita bisa berpikiran jernih mencari solusi atau jalan keluar.

4.  DOA
Buat keluarga, teman, dan  sahabat yang tidak memiliki kesempatan jalan, karena alasan waktu maka DOA bersama merupakan kesempatan yang sangat indah. Mungkin Gereja bisa menfasilitasi adanya DOA malam. Lingkungan juga bisa membuat persekutuan DOA atau bisa juga mengadakan kunjungaan ke orang tua-tua, orang sakit di rumah sakit.  Sungguh akan menghasilkan kedamaian dan suka cita dalam kehidupan.

Selamat menikmati liburan dan tentu tidak lupa kita saling mendoakan kiranya dalam liburan ini akan menerima berkat berlimpah.

Tuhan bersamamu dalam damai dan suka cita
Adharta

6 komentar:

  1. Betapa enak dan panjangnya masa liburan panjang ini jika saya tidak mengikuti kelas semester pendek untuk kegiatan perkuliahan saya. Namun ini sudah menjadi konsekuensi terhadap tindakan saya yang ceroboh di masa lalu jadi saya ikhlas. Selamat berlibur untuk yang sedang berlibur. Bagi yang belum, liburan kita segera datang.

    BalasHapus
  2. liburan akan sangat bermanfaat sekali apabila kita mengisinya dengan hal yang positif. ini bisa menjadi moment untuk orang tua yang sibuk, bertemu anaknya hanya saat anak tertidur. menjadi moment untuk melampiaskan rasa rindu anak terhadap orang tuanya.
    namun sebaliknya akan sangat sia sia sekali apabila liburan hanya diisi dengan perkelahian dan perselisihan keluarga..

    BalasHapus
  3. Liburan lebaran seperti ini yg ditunggu setiap tahunnya, karena selain berlibur, kita juga bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman yg sudah lama sekali tidak bertemu dan berziarah ke makam keluarga-keluarga yang sudah meninggal untuk mengirimkan doa kepada mereka.

    BalasHapus
  4. liburan sangat dibutuhkan buat setiap manusia apalagi yang terlalu sibuk dengan urusannya, karena liburan akan merefresh otak sehingga tidak mengalami stress dan lain lain.

    BalasHapus
  5. Liburan adalah hal kegiatan favorite sayaa haha

    BalasHapus
  6. liburan sangat bermanfaat untuk mengisi waktu kita yang kosong dengan hal-hal yang lebih menarik atau menghibur.
    seperti refresing, misalnya refresing jalan-jalan ke pantai atau ke daerah puncak

    BalasHapus