Senin, 09 Juli 2012

R o t i


Sarapan pagi hari ini mie ayam, tapi setelah selesai makan ternyata ada roti tawar, mentega, keju dan selai.  Roti ini disantap sedikit untuk menutup selera pagi. Setiap kali makan roti tentu saja kita selalu ingat sebagai kenangan akan Dia.  Kita selalu ingat bahwa kita hidup tidak selalu dari roti saja. Kita juga selalu ingat 5 roti dan 2 ikan dan tidak lupa Roti dan Anggur.
Sungguh bersyukur bagi kita semua yang bisa menikmati makanan, karena masih berjuta-juta manusia bahkan mati kelaparan.  Artinya, setiap kali kita makan perlu mengucap syukur dan berterima kasih serta memuji Tuhan.  Lantaran kasih sayang-Nya, kita diberkati makanan enak tanpa harus keluar keringat. Sungguh indah kasih dan karunia-Nya.
Roti menjadi berkat bukan saja untuk hidup.  Roti pun memberikan kita suatu kehidupan. Di mana dalam kehidupan itu kita harus isi dengan pembangunan, baik pembangunan hidup jasmani maupun pembangunan hidup rohani.
Pagi-pagi sekali salah satu Calon Gubernur DKI dalam Pilkada 2012 inikirim salam melalui BBM. "Selamat pagi semoga hari ini diberkati melalui Roti kehidupan" dan ....... Waduh aku jadi tersanjung benar dapat salam cantik, lalu aku balas : "Semoga Anda juga menjadi Roti hidup  yang diberkati, dan bisa menjadi santapan rohani warga DKI Jakarta".
Roti bisa jadi sesuatu bahan makanan. Enak sih untuk pagi hari bisa di bakar, digoreng atau dioles coklat.  Di sisi lain, roti juga bisa menjadi santapan rohani. Boleh kita sebut SARAPAN ROHANI. Kenapa?

Pertama :
Roti simbol kesatuan dari gandum yang dipetik di kaki bukit, di mana sumber suka cita dan nyanyian para petani setiap kali memetiknya.   Nyanyian itu mengalir sampai di atas meja di mana bersama keluarga kita menyantapnya.

Kedua :
Roti adalah bagian dari Berkat Tuhan yang disalurkan buat kita semua, khusus umat Katolik disampaikan melalui. Ekaristi kudus!

Ketiga :
Roti menjadi sumber kehidupan (kalo di Indonesia beras atau nasi yaaaaa) karena energi yang dilepas membuat manusia bertahan hidup.

Dan akhirnya roti menjadi bagian kesukaanku, apalagi ditambah rombutter dan cheese lalu dipanggang.  Mau coba?  Kita bisa ke Grogol food court malam hari. Semoga Anda semua menjadi Roti hidup yang penuh berkat, berkat suka cita, berkat kesehatan dan berkat kebahagiaan yang mengawali segala kesuksesan Anda.

Sampaikan kepada semua sahabat.

Salam Roti
Adharta

13 komentar:

  1. Sebagai manusia sudah sepantasnya kita harus bersyukur, walau kadang manusia itu sndiri tidak pernah puas akan hidupnya, tapi ketidakpuasan itu dapat diarahkan scara positif dengan membuat target2 kehidupan yg lebih baik yangg bertujuan untuk kebaikan diri dan sesame seperti fungsi roti itu sndiri..

    BalasHapus
  2. ya saya sendiri kadang tidak bersyukur akan makanan yang didapat. setelah membaca postingan ini jadi ingat kan Dia yang selalu memberikan kita anugrah yang salah satunya makanan. dan buat pembelajaran juga harus selalu ingat Tuhan saat senang maupun susah.

    BalasHapus
  3. Berdasarkan cerita di atas saya simpulkan bahwa sebuah roti dapat memberikan suatu kehidupan.Di mana dalam kehidupan itu kita harus isi dengan pembangunan, baik pembangunan hidup jasmani maupun pembangunan hidup rohani.

    BalasHapus
  4. manusia sudah sepantasnya harus bersyukur, terkadang manusia itu tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya. tapi ketidakpuasan itu bisa dihindari dengan melakukan hal-hal yang positiv dalam kehidupan kita sendiri dan sesama manusia. agar kita dapat menghargai apa yang sudah kita lakukan, dengan itu akan akan merasa bersyukur karna apa yang kita lakukan.

    BalasHapus
  5. dalam kehidupan kita bisa sebagai roti,yang memberikan energi positif kepada orang lain maupun orang disekitar kita,maka kita akan selalu dicari dan dirindukan,karena kita tidak memilih-milih untuk memberikan energi positif kepada yang lain(masuk semua kalangan),maka kita akan menjadi orang yang berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
  6. saya sangat bersyukur. walaupun hal seperti mendapat kan makanan itu hal yang biasa buat kita. tapi untuk sebagian orang di belahan bumi lain, makanan layak mungkin jarang bisa di dapat.
    bersyukur pada hal kecil, karena dari hal kecil merupakan bagian dari hal yang lebih besar, yang mungkin sekarang saya belum bisa melihat nya.

    BalasHapus
  7. Bersyukur dengan tuhan yang telah memberikan kita kehidupan. sebagai seorang manusia kita harus bisa bermanfaat untuk orang lain dan dapat membawa keuntungan untuk orang lain.


    terima kasih

    BalasHapus
  8. Dengan selalu mensyukuri nikmat-nikmat dari Tuhan, hal yang kecil sekalipun akan terasa sangat nikmat apabila disyukuri. Dan dengan selalu bersyukur kita akan merasa gembira.

    BalasHapus
  9. saya sangat menyukai roti, dan setiap apa yg saya dapatkan saya selalu bersyukur. saya melihat banyak orang-orang yg susah untuk mendapatkan makanan, sedangkan banyak juga orang yg suka membuang-buang makanan. kita harus bercermin dan melihat orang lain sebagai diri kita sendiri. kita harus menananmkan energi positif di dalam diri kita agar bisa dekat dengan Dia yg sudah memberikan apa yg kita butuhkan

    BalasHapus
  10. Bersyukur merupakan hal simpel yang sering terlupakan, bersyukur kepada hal hal kecil terutama.
    Tanpa kita sadari hal-hal kecil tersebut yang menjadi sumber kehidupan kita, seperti roti contohnya.

    BalasHapus
  11. Roti merupakan makanan yang memiliki nilai rohani dan sering digambarkan sebagai firman Tuhan, makanan bagi kehidupan rohani kita. karena dari sana lah rohani kita dapat tumbuh. maka hendaklah kita selalu belajar untuk bersyukur atas apa yang kita miliki. karena roti dapat menjadi sumber kehidupan kita.

    BalasHapus
  12. Saya suka memakan roti, karena roti itu menggambarkan kesederhanaan, semua orang dapat membeli roti karena harganya terjangkau. Dan dari roti kita balajar bersykur atas apa yang bisa kita miliki.

    BalasHapus
  13. manusia sudah sepantasnya harus bersyukur, terkadang manusia itu tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya. dalam kehidupan kita bisa sebagai roti,yang memberikan energi positif kepada orang lain maupun orang disekitar kita,maka kita akan selalu dicari dan dirindukan, Bersyukur dengan tuhan yang telah memberikan kita kehidupan.

    BalasHapus