Rabu, 11 Juli 2012

Spiderman


Ruang Premiere EX 21 penuh, hampir semua studio Premiere di DKI Jakarta penuh tadi malam. Mungkin karena ada acara Pemilukada  DKI Jakarta hari ini. Ini hari libur untuk warga DKI Jakarta.  Saya berusaha supaya dapat ticket nonton.  Akhirnya kami dapat juga tiketnya bersama dua  romo kita nobar. Saya suka nonton lilm untuk anak-anak dan remaja karena lebih dari 50 persen untuk pendidikan, baik sosial, ekonomi, maupun moral.  Sisanya diisi hiburan ringan tanpa harus banyak memikir, relaks dan cocok untuk melepas lelah.
Kisah singkat Peter Parker, yang diangkat dari Comic John Seal menarik sekali.   Saya menyoroti tigaian yang bisa kita jadikan pelajaran :

Pertama :  Dialog
Awal kisah sudah memberikan Nasihat dari RP (ayah PP) kepada PP
o     Menjadi anak yang bertanggung jawab
o     Rajin dan bekerja keras
o     Mau membantu sesama
o     Tdak boleh membuat orang susah.
o     Mnegakkan keadilan dengan melawan kejahatan walaupun dengan demikian banyak musuh, karena dunia penuh orang jahat.
o     menjadi Orang tua yang baik
o     Hidup keluarga harmonis

Kedua : Karakter
Bagaimana hidup tanpa orang tua tapi tetap memiliki karakter baik.  Banyak anak-anak punya orang  tua.   Saat dewasanya penuh blame dengan menyalahkan orang tua.  Jadi anak nakal karena orang tua tidak bertanggung jawab. Cerita ini juga menggambarkan bagaimana sikap keluarga (uncle Ben dan Aunty May) yang menghadapi keluarganya yang punya masalah. sering kita meninggalkan keluarga yang menghadapi masalah atau musibah.  Padahal seharusnya kita memberikan cukup perhatian dan membantu saudara yang susah. Kita harus menjadi ROTI hidup dan siap dibagikan.   Saya rasa semua dari kita sepakat, tapi jika saat akan dibagikan kita lalu mulai berfikir seperti DEWA seakan-akan kita KUASA atas segala yang akan diberikan.  Padahal HUJAN turun diberikan kepada kita tidak memandang kita baik atau buruk. Segala ciptaan seperti buah-buahan, bunga-bungan, dan burung-burung di udara semua diberikan kepada manusia tanpa pandang bulu.

Ketiga : Pendidikan dan Pengetahuan
Anak-anak harus mendapat pendidikan, baik ilmu pengetahuan maupun moral dan disiplin.  Di mana harus dihukum kalau salah.  Sekolah menjadi sarana pendidikan. Anak nakal pasti dihukum.
Pengetahuan akan merubah manusia.  Pengetahuan baik adanya seperti ilmu kedokteran dan ilmu kimia nuklir.  Tapi jika disalahgunakan justru akan mencelakakan manusia.  Bahkan dapat menghancurkan seperti kasus Hirosima dan Nagasaki. Sedangkan ulah manusia yang lebih mengerikan adalah merusak alam, merusak hutan, masalah sampah, dan merusak laut.  Semua ulah itu akan jadi BOM waktu. Hidup manusia sedang terancam oleh ulahnya sendiri.  Dalam konteks itulah spiderman tampil untuk menyelamatkan sesamanya yang terancam oleh dunianya sendiri.
Menonton film menginspirasikan kita tentang kehidupan walaupun hanya film fiksi saja.  Saya suka sekali melihat bahwa semakin hari kita bisa jadi saksi kemajuan teknologi.  Kita manusia biasa melihat kemampuan alam memberikan kita keuntungan.  Kelak ada pesawat udara anti gravitasi. Kereta api tanpa roda. Mobil terbang. Imajinasi kita tentang teknologi masa depan, termasuk membaca email ini di Blackberry.

Tuhan memberkati selalu
Damai sertamu
Adharta

14 komentar:

  1. terkait tulisan anda, sejujurnya saya belum menonton film terbaru spiderman. tapi mengenai tulisan anda bahwa sebuah film mampu menginspirasi, ya saya sependapat dengan anda karena saya termasuk orang yang sering terinspirasi sesudah menonton sebuah film, mungkin karena kekuatan dari film itu sendiri mulai dari segi visual, alur cerita, cara penyampaiannya hingga para tokoh yang dihadirkan mampu membuat saya terbuai dan merasa menjadi bagian dari film tersebut. jadi dapat dikatakan kalau sebuah film memiliki pengaruh yang kuat.

    BalasHapus
  2. kasus ini hampir sama dengan saya. suka nonton film, terutama film action. ini jadi mendapat sedikit pelajaran kalo nonton itu tidak hanya nonton,trus selesai. meskinya ada sedikit pelajaranyang didapat saat menonton film.

    BalasHapus
  3. Berdasarkan cerita diatas saya dapet simpulkan bahwa dalam menonton film apapun mampu menginspirasikan sifat seseorang dan juga dapat memberikan keuntungan dalam pendidikan, baik sosial, ekonomi, maupun moral.

    BalasHapus
  4. Saya telah menonton film spiderman. emang banyak pesang-pesan yang telah di sampaikan. dimana peter parker sudah di tinggal oleh Orang Tua nya sejak kecil dan di rawat oleh paman ben dan bibi may. di film itu mengajarkan kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita. kita tidak boleh lari dari masalah yang ada. karena dengan menyelesaikan masalah itu maka kita akan mendapatkan pembelajaran yang baik.

    BalasHapus
  5. Bagi saya, film spiderman ini mengajarkan kita untuk bisa melakukan tanggung jawab, seperti di filmnya sendiri dikatakan bahwa semakin besar kekuatan yang kita miliki, maka semakin besar juga tanggung jawab yang kita hadapi. Bila kita memiliki suatu kekuasaan, maka kita juga harus bisa bertanggung jawab terhadap kekuasaan tersebut.

    BalasHapus
  6. saya setuju jika film sebagai inspirasi kehidupan kita sehari-hari,karena hidup hanyalah panggung sandiwara,yang dimana kita disaksikan oleh makhluk hidup lainnya dan pencipta kita,dan kita harus berperan sebaik mungkin agar menghindari hukuman kelak diakhirat,kita harus bisa berperan sebagai aktor yang profesional,karena kita harus bisa dan pandai-pandai berperan pada tempatnya.agar mendapatkan hasil yang maksimal

    BalasHapus
  7. dalam film ini, saya tersentuh di bagian saat peter mendengarkan pesan dari uncle Ben yang telah wafat. orang tua kita selalu bisa melihat apa yang belum bisa kita mengerti dan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kita. saya berharap kelak bisa menjadi orang tua yang baik seperti uncle Ben.

    BalasHapus
  8. Banyak film yang bisa menginspirasikan kehidupan seseorang dan dilakukan dalam kehidupan orang tersebut. Secara moral banyak yang di keluarkan di film ini, baik dalam persahabatan,percintaan hingga pertempuran. Dan memang betul lebih enjoy menikmati film yang seperti spiderman ^^.

    BalasHapus
  9. saya juga suka nonton film Block Buster seperti Spiderman, tapi sayang saya tidak ada waktu untuk menonton film tersebut, ada film yang menjadi inspirasi kita tentang kehidupan , Cinta , rasa sayang , dan juga saling menyayangi dan mengerti

    BalasHapus
  10. saya sangat menyukai film spiderman, baik yg diperankan oleh Tobey Maguire atau pun spiderman yg terbaru yg diperankan oleh Andrew Garfield. spiderman adalah salah satu super hero favorite saya karena ceritanya yg sangat menyentuh kehidupan sosial dan juga di dalam ceritanya terdapat nilai norma yg bisa kita petik. sama hal nya seperti yang bapak tulis dalam blog ini. menonton film sangat meninspirasi kita dalam menjalani kehidupan, di dalam film spiderman ini ada banyak inspirasi yg kita dapatkan

    BalasHapus
  11. sejujurnya saya belum sempat menonton film ini, tapi saya paham apa yang dimaksud tulisan diatas menyangkut film tersebut. kita memang harus menjalani hidup ini dengan baik.

    BalasHapus
  12. sebuah film,cerita, novel, atau kisah kisah merupakan suatu gambaran tentang apa yang terjadi atau bahan pikiran dari orang yang membuat cerita atau terjadi di sekitar pembuat ceritanya.
    di jaman seperti ini kita sebagai generasi muda seharusnya dapat memilih dengan baik kualitas dan isi dari film/cerita yang kita lihat karena akibat dari hal yang kita saksikan juga berdampak besar bagi kehidupan kita. karena itu marilah sama sama kita belajar menjadi pribadi yang pintar yang dapat membedakan film yang bernilai positif dan negatif

    BalasHapus
  13. Di film ini lah terkandung banyak nilai yang dapat kita petik dalam kehidupan kita sehari-hari seperti kita harus bisa belajar untuk menghargai apa yang kita miliki selain itu juga kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada dan jangan menyalahgunakan nya karena akan memberikan dampak yang besar bagi orang lain dan sekitarnya.

    BalasHapus
  14. Film spiderman, walaupun fiksi namun disana itu banyak pelajaran yang harus di pelajari. Karena spiderman itu menolong orang-orang tanpa rasa pamrih, karena dia merasa bertanggung jawab untuk melakukan semua itu.

    BalasHapus