Senin, 16 Juli 2012

G O L F


Aku mengayunkan tongkat golf no. 9  di Hole ke-4 Padang Golf Soewarna, Cengkareng.
Pukulan par 3 dengan jarak 110 meter, bola jatuh di green namun masih jauh dari Pin karena kecepatan angin melawan diatas 20 km/jam dari arah utara ke barat dan bolaku harus melawan angina. Syukur masih jatuh di green dengan jarak 10 kaki ke arah lobang. Aku cuma bisa berharap dapat score PAR, namun hari ini mujur sekali karena saat pukulan Put dari jarak 10 kaki bola langsung masuk lobang dan aku menempatkan score birdie. Lumayan terhibur karena membantu score di hole 2 karena aku mendapat score double boogie.
Itulah permainan golf, indah penuh dinamika dan sungguh membuat seorang pegolf atau Golfer jatuh hati pada permainan ini.  Apalagi masuk di lapangan yang indah pemandangannya. 
GOLF ada yang menyebut Games of leisure and fun.  Ada yang bilang Games of life future dan macem-macem istilahnya.  Saya mengenal golf di awal tahun 1990. Golf banyak merubah hidup dan pandangan saya.  Golf adalah satu-satunya olah raga yang tidak ada musuhnya,  karena musuh pemain golf adalah dirinya sendiri.
Golf penuh dengan etika, kesopanan, dan keanggunan.  Golf ada hukum -by law dan konstitusi aturan Golf,  ada rule, dan aturan main.  Di mana kita masuk di lapangan dengan luas 200 ha, padang rumput hijau melebar di hadapan kita.  Gunung, laut, dan kadang danau dan sungai menjadi pemandangan kita.
Seperti hidup kita, permainan golf pun penuh dengan tantangan. Semua harus diatur dengan manajemen yang rapi. seorang Golfer harus betul-betul menguasai emosi dan kondisi mental bahkan spiritual.
Golf itu memiliki hubungan erat sekali dengan kehidupan Rohani karena melalui golf kita diajarkan :
·      Saling menghormati – gentlemen
·      Jujur dan setia
·      Selalu membuat senang setiap pemain
·      Memiliki kekuatan lahir batin
Sungguh suatu kebahagiaan besar bagi orang yang bisa menikmati Golf

Tuhan memberkati
Salam Golf
Adharta

13 komentar:

  1. saya juga suka bermain golf, walaupun saya tidak jago.bagi yang lagi bosan, boleh anda mencoba untuk bermain golf, karena golf dapat menhibur diri kita, dimana lapangan golf sangat enak dinikmati, dimana penuh dengan kehijauan yang menyejukkan mata. sehinggan suasana hati kita juga menjadi tenang dan senang.

    BalasHapus
  2. Bermain golf memang sangat menyenangkan. Tetapi perlu diingat bahwa bila kita terlalu kencang memukul bola, maka ia akan menggelinding jauh dari lubang. Jika terlalu lemah memukul bola, maka semakin banyak jumlah ayunan tongkat yang harus dilakukan. Begitu pula dengan kehidupan, jika kita terlalu keras bersikap kepada seseorang, maka orang itu akan menjauhi kita karena sikap kita. Jika kita bersikap terlalu lembut kepada seseorang, orang itu akan memandang rendah ke kita.

    BalasHapus
  3. Berdasarkan cerita diatas saya simpulkan bahwa dalam kehidupan kita terdapat banyak tantangan yang harus kita lewati,contohnya seperti diatas dengan bermain golf.Dalam bermain golf harus betul-betul mempunyai kesabaran yang besar dan harus betul-betul menguasai emosi dan kondisi mental bahkan spiritual.Dalam kehidupan rohani kita pun harus saling menghormati,jujur dan setia,dan juga besikap baik kepada semua orang.

    BalasHapus
  4. Jika diibaratkan kepada kehidupan,saya setuju jika golf harus Saling menghormati – gentlemen Jujur dan setia, Selalu membuat senang setiap pemain ,Memiliki kekuatan lahir batin,karena jika dalam kehidupan kita tidak mengamali hidup seperti etika golf,maka hidup kita makin sulit dan banyak masalah,maupun musuh

    BalasHapus
  5. saya sangat setuju pak, memang golf itu bisa membuat diri kita menjadi lebih baik. Karena dalam permainan golf itu sendiri tanpa di sadari kita harus lebih sabar,rapi, dan telaten dalam bermain golf. Dan setelah goal maka yang akan di capai akan membuahkan hasil. :)

    BalasHapus
  6. Dalam bermain golf dibutuhkan konsentrasi dan ketenangan dari si pemain itu sendiri agar dapat memahami kondisi lapangan dan dapat memasukan bola ke lubang. Sama halnya ketika seseorang menjalani kehidupan, ia harus tenang agar dapat mengenali diri sendiri dan lingkungannya. Dengan kita mengenali yang ada di sekeliling kita, maka akan meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama. Dan dengan sikap peduli terhadap orang lain inilah kita dapat saling menghormati.

    BalasHapus
  7. Golf memang permainan yang menyenangkan tapi juga butuh ketelitian dan konsentrasi, di simpulkan dari cerita di atas, bahwa dalam kehidupan yang serba masalah ini, karena yang namanya manusia pasti selalu menghadapi masalah, kita diajarkan untuk selalu mengontrol hawa emosi dan juga melatih ksabaran kita dalam menghadapi masalah tersebut

    BalasHapus
  8. sebenarnya saya tidak pernah bermain golf dan saya tidak terlalu mengerti tentang permainan itu. tapi menurut saya bermain golf membuat rilex dan pikiran menjadi positif, karena tempatnya yg luas dan rumput hijau sangat menyejukan mata dan hati pemainnya. golf adalah olahraga yg melatih kesabaran dan konsentrasi, setiap orang yg bermain golf pasti merasakan tantangan tersendiri.

    BalasHapus
  9. Keuntungan dari olahraga golf adalah belajar mengontrol diri, belajar bagaimana kita menguasai emosi dan juga menahan ego. Secara tidak sadar kita melakukan olahraga jasmani dan rohani. Kemenangan tersulit adalah mengalahkan diri sendiri.

    BalasHapus
  10. Keuntungan dari olahraga golf adalah belajar mengontrol diri sendiri. Belajar bagaimana kita menguasai emosi, menahan ego dan banyak lagi. Secara tidak sadar kita melakukan olahraga jasmani dan rohani. Kemenangan tersulit adalah mengalahkan diri sendiri.

    BalasHapus
  11. saya setuju sekali dengan tulisan diatas, golf memang olahraga yang gentleman karena biasanya pagi golfer akan menyelesaikan permainan hingga benar2 selesai, seperti menghadapi masalah kita pun harus menyelesaikannya hingga benar2 selesai.

    BalasHapus
  12. Olahraga golf memang terkesan sangat santai namun banyak tersirat nilai-nilai seorang "gentleman".

    BalasHapus
  13. Permainan golf itu memang sangat membutuhkan ketepatan, dan itu memang permainan yang sangat "lelaki", karena belajar dr permainan golf, para laki-laki harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Dan di pikirkan masak-masak.

    BalasHapus