Sabtu, 14 Juli 2012

BUNGA


Salam damai sejahtera,
Aku pulang dari Surabaya lebih awal karena anak, mantu dan cucu-cucu mau balik ke Melbourne.  Jadi,  setelah mendarat kita sempat bercengkerama di Hoka-hoka Bento.  Setelah mereka check in, aku pulang ke rumah.  Sebenarnya capek luar biasa, tapi aku agak memaksakan diri.  Apalagi sabtu minggu ini acara padat luar biasa. Sesampai di rumah agak. sedikit terhibur karena dinginnya AC dan Anggrek Bulan (Deundrobium sontania) warna ungu lengkap dengan daunnya ada 5 tangkai dengan masing-masing ada 12 kelopak  bunga segar.  Bunga segar ini adalah hadiah ulang tahunku dari seorang sahabat.  Kalau dihitung sudah 45 hari sejak 1 Juni lalu, tapi masih segar.
Aku tersenyum sendiri namun senang sekali, karena ada peribahasa begini bunyinya "Layunya bunga sehari dipandang sama dengan 100 tahun umur persahabatan". Nah, kalau 45 hari sama dengan 4500 tahun persahabatan.  Arti simbol kekekalan persahabatan.  Terima kasih Tuhan sungguh indah Kasih setia-Mu. Karena itu bolehlah aku mengatakan "Sesungguhnya, bunga-bunga yang mekar di pagi hari, mereka ingin menyapa-Mu dengan suka cita sekaligus menyampaikan kesungguhan Tuhan mau menyenangkan hati anak-anak-Nya”

Bunga identik dengan cinta
Bunga lambang persahabatan
Bunga bisa bicara (say it with flower )
Bunga itu wangi
Bunga itu cantik
Bunga itu anggun
Bunga itu segalanya
Sekaya-kayanya Daud, dia tidak bisa membuat baju secantik bunga Anggrek Bulan ( translate Bible 4421)

Banyak anak-anak perempuan suku Tionghoa yang diberi nama Hoa Hwa atau bunga. Dengan berbagai macam bunga tapi ada yang mengatakan jangan dikasih nama Bunga nanti cepat layu.  Sehingga keluarlah pepatah bahwa 1 hari bunga sama 100 tahun umur persahabatan atau cinta.
Aku masih melamun memandang bunga anggrekku, sungguh indah dan menarik.  Bunga sebagai ikatan doa.  Di gereja penuh bunga untuk membuat hati umat senang dan tekun dalam doa. Di pesta perkawinan memajang bunga (kalau di hotel bisa sampai ratusan juta bahkan milyaran untuk menghias ruang pesta). Tujuan utama hanya untuk menyenangkan tamu-tamu yang hadir. Bunga juga ada di kuburan dan rumah duka untuk memberi penghiburan buat yang berduka. Bunga di mana-mana untuk Cinta.

Salam bunga buat semua sahabat.
Cintaku, Bungaku, Damaiku.
Adharta

12 komentar:

  1. ini mengingatkan aku dengan teman-teman aku. aku ngak akan pernah lupa kebahagiaan bersama teman-teman yang selalu bermekar seperti bunga. thanks atas infonya.

    BalasHapus
  2. Berdasarkan cerita diatas disimpulkan bahwa bunga merupakan suatu media yang dapat melambangkan suatu persahabatan,wangi,cantik,anggun,dan cinta

    BalasHapus
  3. menurut kesimpulan diatas yang saya tangkap,dalam kehidupan sehari-hari, sifat kita harus seperti bunga,yang diterima semua orang dan menyebarkan kebahagiaan dan cinta,walaupun sampai akhir hayat kita nanti,orang akan menganggap kita seperti bunga,karena kecintaan kita yang tulus kita bagikan kesemua orang.JADILAH KITA SEPERTI SIFAT BUNGA

    BalasHapus
  4. Saya setuju dengan pendapat bahwa bunga merupakan sebuah perlambang, baik itu kebahagiaan, ketulusan, bahkan kesedihan sekalipun. Ya, bunga memang mengisyaratkan sesuatu dan dapat menyampaikan sesuatu, sehingga bisa mewakili perasaan dan keadaan yang sedang terjadi walaupun ia hanya makhluk yang tak dapat bergerak dan bersuara. Jadi, tak ada salahnya jika kita menganggap betapa indah makhluk ciptaan Sang Maha Indah ini.

    BalasHapus
  5. persahabatan yang kuat akan menjalin hubungan yang kuat sampai kapanpun, mungkin sedikit sulit untuk mendapatkannya dikarenakan susahnya mempunyai teman yang ingin BUNGA.

    BalasHapus
  6. Bunga memiliki banyak makna, tinggal bagaimana kita mengerti makna tersebut. Bunga juga dapat digunakan dalam berbagai acara, baik dihari yang spesial maupun tidak spesial. Apalagi perempuan dikasih bunga, pasti senangnya minta ampun (tapi jangan dikasih bunga layu atau bunga bangkai y..). Sekalipun bunga dapat layu, tetapi moment dan makna dari bunga tersebut dapat kita kenang selalu.

    BalasHapus
  7. hidup ini bisa diumpakan seperti bunga. kalau di siram terus akan mekar dengan indah. kalau tidak di siram maka akan mati. sebaliknya begitu juga manusia. kalau banyak berbuat baik maka akan mendapakan kebaikan pula. bilamana melakukan tindakan kejahatan maka akan mendapatkan celaka.
    jadi lah seperti bunga yang mekar dengan indah. karena bunga yang mekar akan selalu dilihat orang dan dicintai.

    BalasHapus
  8. saya senang sekali membaca artikel ini,karena banyak arti yang dan makna yang saya dapat. dengan adanya makna yang di cantumkan dalam artikel dsini tidak hanya membuat kesan negatif namun memiliki kesan positif tergantung dari pola pikir atau pendapat setiap orangnya. Banyak kata-kata yang memiliki arti ganda atau ambigu,namun kembali lagi kepda maksud dan tujuan dari penggunaan kata tersebut.

    BalasHapus
  9. Satu benda kecil yang dapat melambangkan suatu rasa yang luar biasa, Persahabatan dan Cinta

    BalasHapus
  10. Persahabatan seorang teman ibarat sebuah bunga dan air adalah kasih sayang nya. tanpa ada kasih sayang dalam persahabatan maka persahabatan itu akan layu seperti bunga yang tidak memiliki air. jika di dalam persahabatan selalu ditumbuhi oleh rasa cinta kasih maka bunga itu pun akan terus hidup dan bahkan akan menumbuhkan bunga-bunga lainnya.

    BalasHapus
  11. Dalam sebuah persahabatan itu harus adanya rasa saling percaya dan menjaga satu sama lain. Seperti air yang menjaga agar bunga tetap mekar.

    BalasHapus
  12. Bunga memiliki banyak makna, tinggal bagaimana kita mengerti makna tersebut. Bunga juga dapat digunakan dalam berbagai acara, baik dihari yang spesial maupun tidak spesial. tanpa ada kasih sayang dalam persahabatan maka persahabatan itu akan layu seperti bunga yang tidak memiliki air dan hancur bgitu saja atau berguguran

    BalasHapus