Sabtu, 28 Juli 2012

Susuk

Salam damai sejahtera,
Untuk orang Asia,  susuk sudah tidak asing lagi.   Apalagi buat orang Indonesia. Susuk (ada yang menyebut magic implant) banyak digunakan untuk hal-hal yang positif misalnya : anti sakit, buat kurus badan, buat kecantikan dan juga buat KB.Susuk bisa berbentuk jarum, pil, gelang ada juga berbentuk benang sampai mutiara. Juga juga emas berlian.
Sepeninggal kakeknya,  Ibunya Astina pulang kembali ke kampung, karena banyak hal dan tekanan juga permasalahan yang menimpa ayahnya. Tidak pulang-pulang entah di mana rimbanya.  Astina sendiri mengalami kesulitan.  Kerja dan gajinya tidak mencukupi biaya pengobatan ibunya.  Kakeknya seorang pedagang kaki lima keliling. Sang kakek masih cukup membiayai mereka, namun setelah sang kakek meninggal, maka  Astina dan ibunya harus bertahan hidup sendirian. Tidak  ada jalan lain akhirnya ibunya dititipkan di keluarga di Jawa. Sebagian gaji Astina dikirim buat sang bunda.  Dia sendiri harus indekost dan makan.  Hampir setiap akhir bulan selalu berkekurangan.  Maklum Jakarta lebih kejam dari ibu tiri ( padahal tidak semua ibu tiri kejam yaa).
Minggu pagi setelah pulang gereja Astina duduk melamunin nasibnya. Usianya sudah menginjak 30 tahun.  Kata orang wajahnya mirip Rafika Duri tapi tidak ada seorang pria pun yang meliriknya. Sedang asyik melamun tiba-tiba Astina kaget hampir pingsan karena ibunda berdiri di hadapannya.  Dalam kondisi segar bugar!!! Bahkan kelihatan cantik sekali di usia 50-an. Seksi dan segar walau tanpa dandan seperti Mariam di film Mgr. Soegiya!! Ibu... Apa aku mimpi, teriak Astina sambil memeluk ibunya, karena 2 bulan lalu saat menjenguk ibunya hanya bisa berbaring di tempat tidur.
Cerita panjang dihabiskan sampai lupa makan.  Ibu Astina sekarang pasang susuk kesehatan di desa. Beberapa bulan kemudian dia hidup sehat dan segar, Astina terperanjat mendengar cerita sang bunda antara percaya dan tidak lantaran beberapa saat lalu dalam sebuah retret dibahas oleh seorang suster, bahwa susuk merupakan ilmu hitam (black magic) dan harus dihindari dikarenakan adanya janji-janji pantangan dan kuasa roh yang bekerja di luar kehidupan manusia.
Suatu pertentangan dalam hati Astina. Di satu pihak, dia juga ingin dirinya seperti ibunya yang punya daya tarik supaya ada pria yang menghampirinya! Di lain pihak, dia terbayang pada suster yang bicara berapi-api dengan aneka contoh bagaiamana kerja ilmu hitam pada orang-orang yang mengandalkannya.
Saya sudah beberapa kali menjumpai mereka yang menggunakan susuk.  Memang ada yang cenderung baik sekali, tapi ada juga yang digunakan untuk merusak kehidupan manusia.  Saya masih ingat suatu sore ngopi dengan beberapa teman. Di situ hadir juga Romo Kardinal  Mgr. Julius. Lalu, kita cerita tentang susuk sampai santet yang bisa mematikan.  Dalam kelakarnya Romo Kardinal bilang beliau juga berkeinginan jumpa dengan dukun ahli bila perlu mau diajarin katanya....... hahahaha kita semua tertawa.
Saya tidak pernah mempelajari atau mengenal ilmu-ilmu baik putih maupun hitam.  Walaupun demikian, saya berkeyakinan bahwa baik putih maupun hitam seperti halnya manusia yang baik dan jahat, pastilah semuanya ciptaan Tuhan.  Kembali kepada kebebasan manusia bagaimana menggunakannya.
Kalau di desa kelahiran saya dikenal Swanggi. Di Flores, dikenal suatu makhluk yang hidup berdampingan dengan manusia.  Ada yang baik, tapi ada juga yang jahat. Mahluk-mahluk itu bisa dikuasai dan diperintah oleh manusia  seperti juga tuyul dan babi ngepet. Kalau di Inggris ada drakula, warewolf, dll.
Tetapi susuk menempati tempat khusus.  Suatu hari dalam siaran TV RCTI ada show tentang susuk.  Luar biasa dan hampir tidak bisa dipercaya walau kasat mata melihat dengan nyata.  Artis-artis, olah ragawan, dan pragawati tentu banyak yang ingin tampil beda dan cantik, tapi semua pasti mengalami masalah sama dengan Astina.
Gereja secara tidak langsung mengetahui kondisi ini, tapi tidak mau ikut-ikutan karena banyak pastor yang bisa melakukan terapi penyembuhan melalui cara-cara khusus, tapi kenyataan mirip yang dilakukan pemasang susuk.
Cerita tentang susuk panjang sekali.  Susuk alami oleh manusia.  Tetapi pandangan saya tetap perlu berhati-hati karena kuasa gelap menawarkan hal-hal yang manis, cantik, dan kesembuhan tetapi diakhirnya harus dibayar mahal bahkan jiwa kita akan menjadi budak-budaknya.
Tuhan bersamamu. Aku sedang mendampingi istriku yang cantik tanpa susuk di Salvos. Kami sedang menjual baju bekas layak pakai.  Harganya serba seribu!!! Mau mampir? Silahkan! Mampir demi menyenangkan hati orang itu ibadah lhoooo
Salam damai sejahtera

Adharta

6 komentar:

  1. Walaupun saya belum pernah melihat (dengan jelas) atau mengalami kejadian-kejadian yang berhubungan dengan sesuatu yang ghoib (tidak bisa dilihat oleh mata), menurut saya hal-hal tersebut mungkin memang ada di dunia ini. Saya memilih untuk tidak pernah mau terlibat dalam hal-hal yang seperti itu.

    BalasHapus
  2. Hal-hal seperti ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. sudah menjadi sifat manusia untuk memiliki sesuatu secara instant tanpa ada mau berusaha. Susuk merupakan salah satu jalan pintas untuk mendapatkan sesuatu. memang sepertinya sangat mudah namun banyak yang tidak menyadari bahwa ada sebuah harga yang sangat mahal yang harus dibayarkan.

    BalasHapus
  3. menurut saya hal seperti memasang susuk ini sebaiknya tidak dilakukan karena kita sudah semestinya mensyukuri apa yang sudah di berikan tuhan terhadap diri kita. tuhan pasti memberikan jalan yang terbaik untuk semua umat nya hanya saja tinggal seberapa besar usaha dan ketabahan umat nya..

    BalasHapus
  4. Sesuatu yang dilakukan secara instan, dampaknya tidak akan baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Dan sesuatu yang dilarang oleh Tuhan dan tetap dilakukan oleh manusia, pasti mempunyai dampak yang berat nantinya.

    BalasHapus
  5. Ini merupakan kebuyaaan nenek moyang dulu yang masih menggunakan paham animesme kejadian itu sudah ada dari zaman dulu

    BalasHapus
  6. susuk adalah jalan pintas untuk mendapatkan hasil yang baik, tapi resiko kedepan juga banyak sekali, dan ini adalah sesuatu yang sangat dilarang oleh Tuhan, dan bisa menjadi dampak yang berat kedepannya

    BalasHapus