Sabtu, 07 Juli 2012

Nama Anak-anak Manusia


Sehabis nonton semi final Tenis Wimbledon antara Roger Ferderer melawan Novak Djokovic yang cukup seru, sayangnya antiklimaks ini bukan di final, kata orang ini justru final,  sisanya hanya akan lawan Murray atau Tsonga.
Yang menarik perhatian saya adalah. Nama Roger dan Novak adalah nama-nama yang suka disebut dan dipakai oleh Julius Caesar, kebetulan bulan Juli dipakai nama untuk menghormati Julius Caesar.  Berbicara tentang Julius, saya selalu teringat tentang kata-katanya tentang Anak-anak Allah dan Anak-anak Manusia. Kalau mau menjadi bijaksana kita harus menjadi Anak-anak Allah. Tadi saya bersama beberapa teman membuka Kitab Kejadian 6 : 1- 6 (baca sendiri ya supaya sering buka Alkitab bila penasaran. Kalau ada yang membantu saya bisa menulis perikop ini terima kasih, paling tidak saya sudah mengajak Anda untuk membuka Alkitab, syukur kalau ada Alkitab di HP atau BB)

Roger artinya terkenal
Novak artinya beruntung (Kali ini tidak beruntung karena dikalahkan Ferderer)

Kata William Shakspeare dalam dialog Romeo and Juliet : "Mawar akan tetap wangi, walaupun seribu nama diberikan kepadanya!"
Memang Anak-anak Manusia tidak terlepas dari Nama.  Apapun mau dikata. Nama membuat kita jadi sesuatu yang indah. Nama saya "Adhartha" diambil dari bahasa Irlandia (diberikan oleh seorang Pastor Irlandia). Setelah sekian puluh tahun baru aku tahu artinya,  bagus sekali buat aku, mau tahu? Silakan buka Google translate dari bahasa Irlandia.

September artinya bulan ketujuh (sapta=7)
October artinya bulan kedelapan. (Onta=8)
November artinya bulan ke. Sembilan (nove=9)
Desember artinya bulan ke sepuluh (Deca=10)
Semuanya mundur gara-gara nama Julius dan Agustus kedua kaisar ini mengisi bulan ke-7 dan ke-8.

Kalau ingat lagu Pance  Pondaag "Untuk Sebuah Nama Rindu Tak Pernah Pudar" juga lagu Ebit G. Ade "Untuk Sebuah Nama". Ingat nama pasti ingat orang tua kita. Ingat orang tua kita, ingat CINTA mereka. Kalau ingat CINTA mereka, kita ingat Kasih Tuhan. Oleh karena itu, mari kita doakan buat orang tua kita.  Mohon maaf dan beri penghormatan buat mereka (Doa buat Papa Mamaku di Surga)

Tuhan memberkati
Adharta

11 komentar:

  1. Nama seseorang menunjukkan apakah sifat dari orang tersebut. nama juga sebagai doa dari orang yang memberinya. Wah, inspirasi artikelnya bapak. walaupun saya belum terlalu kenal. ^^

    BalasHapus
  2. Berdasarkan cerita diatas saya simpulkan bahawa suatu nama yg kita miliki adalah mengandung arti yang sangat mengandung arti yang spesial yang telah diberikan oleh kedua orang tua kita.

    BalasHapus
  3. Sebuah nama memang sebuah doa yg dititipkan oleh orangtua kepada anaknya, dengan harapan anaknya akan tumbuh sesuai dengan doanya. Berdasarkan pengetahuan saya yang awam ini, kelak kita nanti akan dipanggil di alam setelah dunia ini dengan nama kita masing-masing. Alangkah senangnya apabila nama kita berarti doa yang baik sebagai hadiah dari kedua orangtua kita di dunia.

    BalasHapus
  4. Nama merupakan suatu kata yang dapat mengintepretasikan objek tersebut secara keseluruhan. Sering kali kita dapat melihat kemiripan sebagian kecil maupun besar dari beberapa orang yang memiliki nama yang sama. Tetapi bagaimana dengan pepatah "Apalah arti sebuah nama?" Nama merupakan salah satu faktor yang mencerminkan sifat-sifat dari objek tersebut, tetapi yang dapat dilakukan oleh objek tersebut, bergantung kepada pilihan dan keputusan kita masing-masing.

    BalasHapus
  5. setiap orang pasti mempunyai nama, di setiap nama itu mempunyai arti.
    nama yang di berikan oleh orang tua kita merupakan doa bagi mereka. setiap orang tua mendoakan anaknya menjadi yang terbaik dan berguna. jadi ingat lah nama yang di kasih oleh orang tua kita ini jangan sampai membuat malu mereka hanya dengan perbuatan kita yang tidak benar dan tidak berguna. jadi lah orang yang baik, benar, berguna, dan selalu berdoa kepada yang di atas sana.

    BalasHapus
  6. menurut saya nama dari setiap orang mempunyai arti yg berbeda-beda. nama mengandung doa dari orang tua atau pun orang yg memberinya. nama adalah bentuk cinta kasih yg diberikan kepada kita. untuk itu mau bagaimanapun dan seperti apapun nama kita, kita harus menghargainya.

    BalasHapus
  7. setelah baca tulisan diatas kesimpulan yang saya tarik adalah setiap nama pasti mempunyai arti, dan biasanya nama anak yang diberi oleh orangtuanya pasti memiliki arti tersendiri dan yang baik-baik.

    BalasHapus
  8. nama adalah sebuah 'tanda' pengenal kita yang membedakan kita dari orang lain, nama diberikan oleh orang tua kita/orang lain yang berpengaruh dalam hidup kita dengan maksud dan suatu tujuan yang baik
    baiknyalah kita menghargai nama yang diberikan pada kita dan membuat haru orang yang telah memberikan nama pada kita.

    artikel yang menyentil agar kita dapat sadar penting nya nilai nama kita masing masing
    nama saya Anthony, salam kenal

    BalasHapus
  9. Sebuah nama seseorang memang memiliki banyak makna. terkadang orang memberikan nama untuk anaknya sesuai dengan nama karakter yang hebat dan diharapkan anaknya akan mewarisi karakter yang sama sesuai dengan nama yang dimilikinya.

    BalasHapus
  10. Nama tiap orang berbeda-beda dan memiliki arti-arti khusus yang di inginkan oleh orang tuanya masing-masing.

    BalasHapus
  11. nama orang pasti berbeda-beda, kalau ada yang sama, mungkin itu hanya suatu kebetulan saja. menurut saya nama dari setiap orang mempunyai arti yg berbeda-beda. nama mengandung doa dari orang tua atau pun orang yg memberinya.

    BalasHapus