Kamis, 26 Juli 2012

Kegagalan

Selamat pagi indah,
Setiap insan manusia pasti pernah mengalami suatu  kegagalan. Seperti pernah saya tulis sebelumnya untuk mencari suatu escape clause, kita mengatakan bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Apa yang terjadi setelah mengalami kegagalan? Trauma kegagalan bisa menjadi bom waktu yang dapat memporak- porandakan kehidupan seseorang.
Tadi malam saya baru saja nonton film Batman - The Dark Knight Rises bersama dua pastor, dua kawan lama dan anak bungsu saya Pandu. Adegannya amat menegangkan dan menghibur. Studio XXI Ex Plaza Indonesia padat dan hampir kita kehabisan ticket.
 Barangkali kegagalan Joker "Bane" memicu atau menginspirasi Holmes melakukan penembakan yang menewaskan 12 orang dan melukai lebih 70 orang pada pemutaran perdana film Batman di Colorado minggu lalu (ini jadi promosi controversial besar-besaran buat film Batman ini)
Kegagalan memang tidak hanya mempengaruhi diri orang yang gagal, tapi juga orang di sekitarnya. Banyak kisah nyata yang ditulis tentang kegagalan termasuk kisah Aqsa Ali yang menembak Paus Johanes Paulus ke II.  Bapak kegagalan yang menginspirasi banyak orang barang adalah Abraham Lincoln dan Thomas Alfa Edison.
Kisah perjalanan Batman yang diperan oleh Bruce Wayne memang luar biasa.  Saya tertarik sekali dengan dialog Alfred dan Batman : "Saya tidak takut Anda gagal, tetapi saya takut Anda takut gagal"
Dialog singkat ini tentu tidak terlalu di perhatikan penonton film.  Bahkan cucuku Jessica (12) di Surabaya bilang filmnya seru tapi ceritanya mbulet, ga ngerti. Saya tadinya tidak mengerti dialog singkat.  Tapi, perkataan tadi malam itu mencoret pikiran saya lantaran ada istilah dalam psikologi mengenai symton ketakutan akan kegagalan itu lebih bahaya dari kegagalan itu sendiri.
Dalam kisah Perjanjian Baru, di mana ketakutan Herodes akan kegagalan akibat akan datangnya Raja Israel telah membicu pembunuhan massal atas semua anak laki-laki yang lahir pada bulan tersebut.
Ketakutan akan kegagalan membuat mahasiswa atau pelajar nyontek yang merusaak mental dan spiritual.  Saya tidak tahu apa yang ada di dalam hati Jokowi dan Foke jelang Pemilukada Gubernur DKI Jakarta putaran kedua 20 September mendatang. Saya menilai bahwa siapa pun yang menang dalam putaran kedua nanti pastilah itu seseorang yang bisa mengalahkaan dirinya sendiri untuk kepentingan NKRI, khususnya rakyat di DKI Jakarta.
 Dampak ketakutan akan kegagalan membuat suatu nilai tersendiri. Kita lihat saja nantinya. Mungkin kita sendiri perlu belajar dari tokoh Batman. Sosok pahlawan dibalik topeng. Mengapa harus pakai topeng? Jawabnya supaya bisa mengalahkan kesombongan diri kita. Pertanyaannya apa kita juga perlu pakai topeng untuk mengalahkan diri kita sendiri? Walaahulalam!!!
Sebagai hiburan sungguh nikmat ditonton terutama buat yang sedang mengalami kegagaalan.  Paling tidak untuk mengenal bahwa kita tidak sendirian.  Buat sahabat, teman-teman dan handai taulan janganlah takut gagal. Lebih penting jangan takut kalau Anda takut gagal.
Suatu hari seorang pujangga  Rusia Michellova duduk di bawah menara Piza.  Ia  berpikir seandainya engkau tidak miring, maka engkau tidak akan dipertahankan dan dilindungi habis-habisan. Keindahanmu adalah kemiringanmu.
"Takut gagal lebih buruk akibatnya daripada  kegagalan itu sendiri "

Tuhan memberkati selalu
Adharta

8 komentar:

  1. kesimpulan yang dapat saya ambil dari artikel diatas adalah lebih baik gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali.

    BalasHapus
  2. Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. beda orang sukses dengan orang gagal adalah orang sukses mau bangkit kembali setelah mengalami kegagalan dan belajar dari kesalahan sedangkan orang gagal adalah orang yang takut mengalami gagal sehingga terkadang belum mencoba pun sudah menyerah terlebih dahulu. semua pilihan ada di tangan kita. mau menjadi orang yang sukses atau orang yang gagal. jadi jangan takut gagal karena dengan banyak gagal maka kita akan banyak belajar.

    BalasHapus
  3. menurut saya, kegagalan adalah awal dari kesuksesan.
    kita tidak tau arti sukses jika tidak ada kegagalan

    BalasHapus
  4. menurut saya, kesuksesan adalah bagaimana kita memanipulasi kegagalan agar kita mencapai kesuksesan.
    dan kegagalan adalah apabila kita tak pernah mencoba hal yang kita takut alami kegagalan..

    BalasHapus
  5. Kegagalan merupakan batu loncatan bagi mereka yang mau berusaha untuk bangkit. Dan sebagai acuan untuk pembelajaran menuju kesuksesan.

    BalasHapus
  6. kata orang "kegagalan adalah mula dari kesuksesan" saya percaya itu tapi bukan berarti ketika gagal kita tidak melakukan apa2 lagi, tapi harus tetap berusaha.

    BalasHapus
  7. Dalam hal kegagalan klo kata org tua klo blm dicoba belum tau hasil nya jd ya gagal ya kunci kesuksesan hhe

    BalasHapus
  8. menurut saya kegagalan itu wajar, karena setiap manusia pasti sering mengalami kegagalan, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, jadi kita jangan menyerah dalam hal apapun, karena kita tidak tahu seberapa dekatkah kita menuju keberhasilan

    BalasHapus