Kamis, 19 Juli 2012

Kartu Truf


Selamat penuh berkat
Permainan kartu Bridge adalah sebuah permainan yang sangat unik.  Sedemikian istimewanya sampai bisa diangkat menjadi suatu olah raga. Sampai ke tingkat Olimpiade. Mengapa demikian menarik permainan ini yang harus dimainkan 4 orang ? Salah satunya yaitu adanya "kartu truf ". Kartu yang memiliki kuasa terhadap kartu lain walau dirinya paling kecil tapi kekuasaannya bisa mengalahkan AS, yang paling berkuasa.
Bagi pemain kartu Bridge bisa duduk tiga hari tiga malam saking asyiknya. Apalagi kalo di Manado!!! Para pastor, dokter, pengacara, polisi semua bisa hobby main Bridge  (Bagaimana kalau olah raga ini kita galakan di Gereja, bisa jadi anjang permainan menarik). Hal-hal yang memberikan nilai sportivitas adalah :

1.          Negosiasi untuk mendapatkan suatu permainan.
2.          Menempatkan permainan pas atau over sehingga melalui perencanaan yang matang.
3.          Trik mengalahkan musuh dengan mengunci, bertahan bahkan bisa memotong dan kadang menjatuhkan lawan dengan karti truf.

Dalam kehidupan rohani, kita juga selalu melalui negosiasi, tawar- menawar, dan akhirnya ada kalah ada menang.  Sebenarnya di dalam diri kita ada sesuatu yang kecil sekali namun bisa mengalahkan yang besar dan kuat. Ibarat kartu truf, yang jarang sekali kita gunakan dalam hidup yaitu "hati kecil"
Saya tidak menemukan kata lain, tapi semua manusia memilikinya, tapi kebanyakan tidak menggunakannya. Manusia lebih mau menggunakan rasio logika, perhitungan matematika, untung rugi sampai ke pertimbangan hidup.
Kalau iman sebesar biji sesawi bisa memerintahkan gunung, maka hati kecil bisa menimbun jurang.   Karena menggali jurang adalah pekerjaan sekaligus membuat gunung pindah.
Salah satu contoh konkrit.  Di Alabama seorang anak usia 15 tahun tanpa kaki dan tanpa tangan tapi bisa mengemudikan pesawat. Hee Ah Lie dari Korea bisa bermain piano walau tak memiliki jari tangan  dan tidak memiliki kaki. Mengapaa mereka bisa? Mengalahkan handicap mereka ini yang menjadi jawabannya. Kapan kita orang bukan cacat bisa. Memanfaatkan kartu truf kita termasuk mengalahkan takdir (yang paling berkuasa).
Jadi dalam hidup sesulit apapun, mari  kita pakai kartu truf kita sebagai pertahanan terakhir mengalahkan kesulitan, penderitaan, penyiksaan, penghinaan, penistaan, dendam, dan kebencian.
Damai selalu bersamamu.

Tuhan memberkati
Adharta

3 komentar:

  1. Saya tidak pernah bermain kartu turf namun berdasarkan artikel yang diatas menurut saya sesuatu yang kita tidak sadari atau menjadi penghalang bagi kehidupan kita, terkadang dapat menjadi sebuah senjata rahasia untuk membantu kita dalam menjalani kehidupan kita.

    BalasHapus
  2. Kartu truf merupakan salah satu kunci kesuksesan yang kita miliki. namun terkadang karena begitu kecil nilai kartu truf tersebut kita tidak menyadari bahwa ada sebuah kuasa besar di dalamnya. sama hal nya dengan orang-orang yang cacat yang bisa sukses. itu karena mereka dapat menemukan kunci kesuksesan dibalik keterbatasan yang mereka miliki. oleh sebab itu sebaiknya kita jangan menganggap hal-hal kecil dengan remeh karena kita tidak tahu bahwa dengan hal-hal kecil tersebut kita dapat melakukan hal-hal yang lebih besar lagi.

    BalasHapus
  3. Kartu truf salah satu kunci kesuksesan yang kita miliki. namun terkadang karena begitu kecil nilai kartu truf tersebut kita tidak menyadari bahwa ada sebuah kuasa besar di dalamnya , oleh karena itu, jangan kita menganggap hal-hal kecil memnjadi sepele karena mungkin bisa berbuntut jadi masalah besar

    BalasHapus